• cerita lucu penawar stress dan tips unik

ALERGI MAKANAN

 

alergi merupaan kata-kata yang umum di masyarakat apa sih itu alergi...????


 Pengertian...

Alergi makanan adalah respon abnormal tubuh terhadap suatu makanan yang dicetuskan oleh reaksi spesifik pada sistem imun dengan gejala yang spesifik pula
Alergi makanan adalah kumpulan gejala yang mengenai banyak organ dan sistem tubuh yang ditimbulkan oleh alergi terhadap bahan makanan.

 Penyebab..............


Faktor penyebab nya dalam alergi makanan   bagi menjadi 2 yaitu :
  1. Faktor Internal                                                                                                                                  - Imaturitas usus secara fungsional (misalnya dalam fungsi-fungsi : asam lambung, enzym-enzym usus, glycocalyx) maupun fungsi-fungsi imunologis (misalnya : IgA sekretorik) memudahkan penetrasi alergen makanan. Imaturitas juga mengurangi kemampuan usus mentoleransi makanan tertentu.                                                                                                     -  Genetik berperan dalam alergi makanan. Sensitisasi alergen dini mulai janin sampai masa     bayi dan sensitisasi ini dipengaruhi oleh kebiasaan dan norma kehidupan setempat.                    -  Mukosa dinding saluran cerna belum matang yang menyebabkan penyerapan alergen bertambah.
  2. Fakor Eksternal                                                                                                                       Faktor pencetus : faktor fisik (dingin, panas, hujan), faktor psikis (sedih, stress) atau beban latihan (lari, olah raga)                                                                                                             Contoh makanan yang dapat memberikan reaksi alergi menurut prevalensinya : Ikan 15,4 % Telur 12,7 %, Susu 12,2 %, Kacang 5,3 %, Gandum 4,7 %    Apel 4,7 %, Kentang 2,6 %,Coklat 2,1 %,Babi 1,5 %, Sapi 3,1 %       

     Tanda dan gejala.............

Adapun Gejala yang ditimbulkan  :
•    Pada saluran pernafasan : asma
•     Pada saluran cerna: mual,muntah,diare,nyeri perut
•    Pada kulit: urtikaria.angioderma,dermatitis,pruritus,gatal,demam,gatal
•    Pada mulut: rasa gatal dan pembengkakan bibir.

Pengobatan..........

Ada beberapa regimen diet yang bisa digunakan :

1. ELIMINATION DIET”:
Beberapa makanan harus dihindari yaitu Buah, Susu, Telur, Ikan dan Kacang, di Surabaya terkenal dengan singkatan BSTIK. Merupakan makanan-makanan yang banyak ditemukan sebagai penyebab gejala alergi, jadi makanan-makanan dengan indeks alergenisitas yang tinggi. Indeks ini mungkin lain untuk wilayah yang lain, sebagai contoh dengan DBPFC mendapatkan telur, kacang tanah, susu sapi, ikan, kedelai, gandum, ayam, babi, sapi dan kentang, sedangkan Bischop mendapatkan susu, telur, kedelai dan kacang.

3.    ”MINIMAL DIET 1” (Modified Rowe’s diet 1):
Terdiri dari beberapa makanan dengan indeks alergenisitas yang rendah. Berbeda dengan ”elimination diet”, regimen ini terdiri dari beberapa bahan makanan yang diperbolehkan yaitu : air, beras, daging sapi, kelapa, kedelai, bayam, wortel, bawang, gula, garam dan susu formula kedelai. Bahan makanan lain tidak diperbolehkan.
3. ”MINIMAL DIET 2” (Modified Rowe’s Diet 2):
 Terdiri dari makanan-makanan dengan indeks alergenisitas rendah yang lain yang diperbolehkan, misalnya : air, kentang, daging kambing, kacang merah, buncis, kobis, bawang, formula hidrolisat kasein, bahan makanan yang lain tidak diperkenankan.
4.    ”EGG and FISH FREE DIET”:
Diet ini menyingkirkan telur termasuk makanan-makanan yang dibuat dari telur dan semua ikan. Biasanya diberikan pada penderita-penderita dengan keluhan dengan keluhan utama urtikaria, angionerotik udem dan eksema.
5.    ”HIS OWN’S DIET”:
 Menyingkirkan makanan-makanan yang dikemukakan sendiri oleh penderitanya sebagai penyebab gejala alergi.
Diet dilakukan selama 3 minggu, setelah itu dilakukan provokasi dengan 1 bahan makanan setiap minggu. Makanan yang menimbulkan gejala alergi pada provokasi ini dicatat. Disebut alergen kalau pada 3 kali provokasi menimbulkan gejala alergi. Waktunya tidak perlu berturut-turut. Jika dengan salah satu regimen diet tidak ada perbaikan padahal sudah dilakukan dengan benar, maka diberikan regimen yang lain. Sebelum memulai regimen yang baru, penderita diberi ”carnaval” selama seminggu, artinya selama 1 minggu itu semua makanan boleh dimakan (pesta). Maksudnya adalah memberi hadiah setelah 3 minggu diet dengan baik, dengan demikian ada semangat untuk menjalani diet berikunya. Selanjutnya diet yang berikutnya juga dilakukan selama 3 minggu sebelum dilakukan provokasi.

ALERGI MAKANAN 4.5 5 hera alergi merupaan kata-kata yang umum di masyarakat apa sih itu alergi...????   Pengertian... Alergi makanan adalah respon abnormal tu...


Powered by Blogger.
Lucu Online